Operasi Bilangan Bulat
Operasi Bilangan Bulat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh temen-temen, apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya. 

Kali ini kita akan mempelajari bilangan bulat. Nahh, sebelum masuk ke perhitungan yang bikin otak keliling blackhole, temen-temen tau gak nih, apa itu bilangan bulat? Yap, bener banget, bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negative, bilangan nol, dan juga bilangan positif.

Kita mulai dari dasar dulu deh, ini nih yang temen-temen sering keliru. Misalkan ada sebuah bilangan negative yang lebih besar ditambah bilangan positif yang lebih kecil, menurut temen-temen hasilnya negative atau positif? Kalo kalian jawab positif masih salah ya, yang bener negative. Gini nih temen-temen, kan bilangan positifnya lebih kecil, otomatis hasilnya negative.

Contohnya gini: -25+20. Jadi cara simpelnya, temen-temen kurangin dulu deh dua angka itu, tapi inget, angka besar kurang yang kecil ya, tandanya gausah dianggap. Nah, udah dapet kan, abis itu temen-temen kasih tanda strip sebagai pertanda itu bilangan negative. Jadi jawaban akhirnya -5 ya temen-temen, gimana nih? Gampang kan?

Selanjutnya, kalo bilangan positif yang lebih besar dari negative, hasilnya bakalan positif atau negative temen-temen? Positif dong, kan tadi kalo negative lebih besar hasilnya negative, kalo positif lebih besar hasilnya positif. Langsung ke contoh soal ya!

Misalkan 52+(-50), hasilnya berapa coba temen-temen? Kalo kalian jawab 2, kalian focus banget dari awal materi, jadi kayak gitu temen-temen, kalo negative yang lebih besar hasilnya negative, kalo positif lebih besar hasilnya tentu positif.

Kalo tandanya sama gimana? Misal -76+(-52), yang kayak gini lebih gampang temen-temen, negative ditambah negative hasilnya pasti negative juga, jadi gausah ragu lagi ya, oiya, jawaban soal tadi -128 ya temen-temen. Kalo sama-sama positif temen-temen udah pada tau dong ya, dari TK juga udah belajar

Kalo tadi penjumlahan sudah selesai, sekarang kita masuk ke pengurangan nih temen-temen. Misalkan -33-30, hasilnya berapa coba? Sebelum ke jawaban, kita coba berpikir secara logis dulu deh, kalo ada angka negative dikurang positif, hasilnya tentu negative, karena negative dikurang positif itu sama saja dengan negative ditambah negative, sehingga hasilnya negative, jadi -63 ya temen-temen. Gimana temen-temen? Udah pada paham? Kalo belom coba baca materinya lagi dan coba dihitung berulang kali ya, insyaallah temen-temen bakalan ngerti.

Ok, pengurangan dengan bilangan negative yang lebih besar sudah selesai, sekarang kita beralih ke bilangan positif yang lebih besar, langsung ke contoh soal ya...

Misalkan 14-(-3), hasilnya berapa hayoo? Temen-temen pasti udah banyak yang bener nih jawabannya, yap, 17 adalah jawaban yang paling tepat. Pertanyaannya niiihh, kok bisa hasilnya positif? Sebenernya ini simple banget temen-temen, kan ada dua tanda minus, dua tanda minus itu jika digabung akan menjadi tanda plus, sehingga menjadi 14+3. Begitu temen-temen, udah pada paham?

Kalo udah kita lanjut ke pengurangan dengan tanda yang sama. Misalnya nih ada -8-(-7), cara mencari jawabannya simple, pertama tanda minus yang berdampingan kita kali sehingga hasilnya plus yang dilambangkan dengan +, jadinya -8+7 nih temen-temen, karena yang lebih besar angka yang bertanda minus, hasilnya juga minus, kita kurangin 8-7 hasilnya 1, tinggal kasih tanda minus didepannya, sehingga hasilnya -1, selesai deh.

Comments are closed!